Contact Person : 0812 1404 5463 | 0815 5534 5795 | PIN : 583ACC66

Kamis, 31 Juli 2014

Macam Macam Cara Bisnis Budidaya Tanaman Hias

Macam Macam Cara Bisnis Budidaya Tanaman Hias | Berjualan Tanaman Hias itu tidak harus membuka lapak di pinggir-pinggir jalan atau di sentra-sentra tanaman hias. Bisnis Tanaman Hias kini semakin berkembang dan lebih  maju. Pelaku bisnis tanaman hias yang sukses tidak selalu harus mempunyai lapak di pinggir jalan. Bisnis Tanaman Hias bahkan bisa  dilakukan secara online.

Cara Bisnis Budidaya Tanaman Hias
Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan bahas beberapa model bisnis yang biasa dilakukan oleh pebisnis Tanaman Hias.

Sewa dan Buka Gerai Tanaman Hias.


Ini cara paling konvensional. Jual tanaman hias dengan cara menyewa lapak di tempat terbuka.

Kalau Anda punya nyali dan mau sedikit nekad, bisa gunakan lahan kosong milik pengembang yang tidak difungsikan atau lahan kosong milik siapa saja. Cuma konsekuensinya, Anda harus siap-siap dikejar petugas Trantib dan berurusan dengan para preman. Jelas, cara ini tidak dianjurkan. Yang paling baik, sewa saja secara resmi lapak-lapak di sentra-sentra tanaman hias yang juga resmi. Di Jabodetabek misalnya ada di Ragunan, Jakarta Selatan; Flona Alam Sutera, Serpong Tangerang dan Pusat Tanaman Hias BSD City di Kompleks Taman Tekno.

Menyewa lapak di sentra penjualan tanaman hias resmi, selain tidak dikejar-kejar petugas Trantib, Anda juga tidak perlu repot-repot promosi. Karena sentra tanaman itu sendiri sudah mampu mengumpulkan pengunjung. Paling tidak, kalau Anda belum punya pelanggan, kalau nasib baik, ada pelanggan tetangga kesasar masuk ke gerai Anda. Yang perlu Anda lakukan tinggal memajang tanaman-tanaman yang bagus, memasang karyawan yang ramah dan membuat gerai Anda menyenangkan.

Sewa Stand dan Ikut Pameran.

Pameran Tanaman Hias merupakan ajang promosi dan ajang penjualan yang bagus. Pihak penyelenggara melakukan banyak promosi untuk mengudang konsumen datang. Kalau Anda sewa stand dan buka pameran di situ, bukan mustahil gerai Anda dikunjungi orang, dan tanaman Anda dibeli orang. Di Jakarta ada beberapa event pameran tanaman yang berskala nasional, seperti Pameran Flora Fauna di Lapangan Banteng setiap bulan Agustus, atau pameran-pameran tanaman hias yang diselenggarakan Majalah Trubus. Tapi banyak juga pameran-pameran serupa yang diselenggarakan oleh Pemda, Supermal, atau event-event organizer, di banyak tempat. Kalau Anda berminat, silakan saja hubungi penyelenggaranya. Yang perlu Anda lakukan, selain menyiapkan tanaman hias andalan adalah mencetak kartu nama untuk disebar. Jangan lupa cetak nomor telepon Anda jelas-jelas, agar setelah pameran usai, tanaman Anda tetap dibeli orang.

Open House.

Open house atau buka nursery di rumah sendiri paling enak. Anda bisa setiap hari menongkrongi, memantau, dan menerima pembeli. Kalau bisnis Anda laku, Anda boleh bilang pada keluarga di rumah yang ikut menyaksikan, bahwa jadi pedagang tanaman hias tidak hina. Cara ini gampang dilakukan bila Anda punya pekarangan atau lahan yang memenuhi persyaratan. Tapi bagi yang tidak punya lahan, bisa bikin dak.

Enaknya, para tetangga yang lewat dan melihat, atau handaitaulan yang kebetulan mampir bisa menjadi pengiklan bisnis Anda. Syukur-syukur mereka juga ikut tergerak untuk membelinya, bukan malah memintanya secara gratis. Jika yang terakhir ini terjadi, jangan sekali-kali Anda mengabulkannya. Lebih baik Anda menjual kepada mereka dengan harga miring atau rugi, daripada memberinya cuma-cuma. Jangan sampai yang kemudian menjadi berita dari mulut ke mulut adalah bahwa tempat Anda adalah tempat yang tepat di mana orang bisa mendapatkan tanaman secara gratisan. Dengan menjual murah atau rugi, sedikitnya, yang akan menjadi berita adalah tempat Anda tempat menjual tanaman dengan harga murah. Keuntungan lain dengan memilih cara ini, Anda tentu saja tidak perlu buang beaya untuk menyewa lapak. Juga, kalau sedang tidak ada pembeli, Anda bisa menikmati keindahan setiap hari. Kerugiannya: istri, mertua, anak atau cucu Anda bisa terganggu ruang geraknya. Anda juga harus mulai bersiap-siap memiliki rumah seperti hutan belantara. Cara ini juga bisa dilakukan secara luwes. Misalnya, kalau Anda masih ngantor, atau punya usaha lain, Anda bisa hanya open house pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Nitip ke Penjual Tanaman Hias

Ini cara paling aman, terutama jika Anda tergolong hobis pembosan. Jadi kalau ada tanaman yang Anda anggap sudah menjemukan, Anda bisa mereka untuk memasarkannya. Cara nitip teman juga pas jika Anda tergolong pemalu, atau masih malu-malu menjadi pedagang tanaman hias. Keuntungannya, rumah Anda nyaman, dan Anda tak perlu mengeluarkan beaya sewa lapak. Jeleknya, kalau tanaman Anda tersia-sia di tempat ‘penitipan’. Bahkan bukan tidak mungkin, orang-orang yang Anda titipi malah men’curi’ tanaman Anda dengan memotong bonggol atau akarnya tanpa Anda ketahui.

Menggaji Tukang Gerobak Keliling.

Ini cara paling jitu kalau rumah Anda sempit, dan Anda tidak punya kebun sendiri. Bikin gerobak dorong, dan panggil para pengangguran yang tinggal di sekitar Anda untuk diajak menjadi pedagang keliling tanaman hias. Suruh mereka masuk ke perumahan-perumahan menjajakan tanaman Anda. Dewasa ini banyak orang senang tanaman hias tapi terlalu sibuk untuk mendatangi nursery. Mereka adalah pasar potensial Anda. Enaknya, setiap hari Anda menerima setoran dari para penarik gerobak dorong.

Kalau setiap gerobak menyetor Anda uang Rp. 1 juta saja sehari, kita sudah bisa bayangkan, betapa indahnya bisnis tanaman hias. Dari sana sekaligus Anda juga bisa mendapat info tanaman apa yang disukai dan mana yang tidak disukai. Yang disukai, segera belanja di tempat penjualan grosir tanaman hias. Risikonya, kalau penarik gerobak kabur beserta gerobaknya Anda bisa gigit jari. Tapi Anda bisa cegah duluan dengan menyimpan fotokopi KTPnya. Kalau ada apa-apa, tinggal lapor polisi.

Jadi Team Hunter

Kalau Anda ingin dapat untung dari berjualan tanaman hias tapi modal cekak atau tidak punya modal sama sekali, cara ini bisa dilakukan. Yaitu dengan menjadi seorang hunter (pemburu) atau buser (buru sergap) tanaman hias. Pada dasarnya hunter maupun buser adalah makelar atau istilah kerennya, brooker. Modalnya, informasi dan sebuah handphone/smartphone yang bisa kirim foto melalui MMS (Multimedia Messaging Service). Atau bisa juga dengan BBM. Dengan model bisnis ini, Anda bahkan tidak harus melakukan budidaya tanaman hias sendiri.

Buka kebun khusus sendiri.

Cara ini mungkin termasuk cara paling mahal. Karena kita harus menyewa atau memiliki lahan luas di daerah pinggiran di mana harga atau sewa tanah masih murah. Tapi percayalah, meski di dearah pinggiran sekali pun, kalau koleksi tanaman hias Anda bagus, orang akan tetap memburunya. Bak syair lagu: “Ke gunung kan kudaki, ke laut kan kuseberangi….” Keuntungannya, Anda bisa memilih konsumen yang datang ke kebun Anda. Kalau Anda sedang capek Anda bisa mengatakan nursery Anda tutup, Anda sedang di luar kota atau alasan-alasan lainnya. Bahkan Anda bisa menyeleksi pembeli Anda. Keuntungan lainnya, kalau orang sudah jauh-jauh datang ke tempat Anda, sudah pasti mereka juga akan berbelanja cukup banyak.

Buka kebun, sekaligus buka kedai kopi atau Galeri

Kalau kondisi keuangan memungkinkan, dan lokasi mendukung, selain buka kebun dan jual tanaman, Anda bisa menambah fasilitas lain seperti kafe atau kedai kopi, atau galeri lukisan. Jadi, selain berburu tanaman, pengunjung bisa minum kopi, atau beli lukisan. Di Bandung ada All About Strawberry. Bapak Ibu beli tanaman strawberry, anak-anak bisa minum juice strawberry. Di Baturaden, Purwokerto ada Puspa Tiara Nursery yang menyediakan bakso dan kopi. Istri beli tanaman, anak-anak makan bakso dan suami bisa ngopi. Semua happy.

Menjajakan dengan Sepeda Motor atau Mobil.

Cara bisnis tanaman hias seperti ini boleh dicoba kalau Anda tidak punya lapak. Kita ambil dagangan di tempat kulakan, lalu menjajakan secara keliling dengan sepeda motor, atau mobil. Sasarannya, pedagang-pedagang tanaman hias kaki lima. Atau masuk ke pedagang-pedagang yang sedang buka stand pameran karena terlalu sibuk sehingga tidak punya waktu untuk kulakan. Kita bisa jual per lima atau sepuluh pot. Tak usah untung banyak, asal penjualan lancar dan pembayaran bagus, sudah aduhai. Modalnya, cuma tahu tempat kulakan, tahu di mana sasaran kita berada, dan punya sepeda motor atau mobil yang bisa kita pakai. Kalau Anda bisa ngutang dulu di tempat kulakan, lebih asoy. Jadi Anda tak perlu mengeluarkan modal. Tentu saja, Anda harus langsung membayarnya begitu Anda menerima uang.

Bikin Website atau Blog

Bisnis Tanaman Hias secara Online. Kalau mau memasarkan tanaman hias Anda ke pasar lebih luas, Anda bisa bikin website. Di situ Anda bisa pasang foto-foto tanaman di situ, dilengkapi deksripsi dan harganya. Bikin website tidak mahal. Anda paling cuma harus bayar seorang desainer web, suruh bikin web. Keuntungan lain kalau punya website, Anda malah bisa jadi brooker. Tanaman punya teman yang mau dijual difoto, gambarnya pasang di situ. Kalau laku, Anda dapat komisi.

Sekarang Anda tahu kan, ternyata ada banyak Cara Bisnis Budidaya Tanaman Hias yang bisa dilakukan.
Share:

Rabu, 30 Juli 2014

Tips Memilih Tanaman Hias Yang Cocok Dengan Rumah Anda

Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Rumah Anda | Tanaman Hias untuk ditempatkan diteras rumah anda sebaiknya jangan yang berukuran terlalu besar karena masalah keterbatasan lahan. Alternatif pilihannya berkisar pada tumbuhan bugenvil, kaca piring, palem, pandan bali, dan pisang kipas yang berukuran kecil. Lazimnya, orang menggunakan rak atau pot gantung yang bisa menampung lebih banyak jenis tanaman. Rak pot yang dijual di pasaran bentuknya bermacam-macam. Yang dekoratif terbuat dari rangka besi yang dibentuk dengan cantik dan artistik. Rak jenis ini sangat cocok untuk Tanaman Hias dalam rumah Anda.

Tips Memilih Tanaman Hias Yang Cocok Dengan Rumah Anda
Agar tak terlalu berat, biasanya rak memuat pot bertumbuhan kecil dan berbunga. Seperti adenium dan euphorbia, dua tanaman yang tengah naik daun. Boleh juga Aglaonema, tanaman berdaun merah dan hijau, serta bunga aster warna-warni dan anthurium. Kebanyakan orang memang cenderung memasang dan memilih tanaman berbunga agar keindahannya maksimal.

Untuk pot yang ditaruh di lantai, biasanya isinya tanaman besar memakai pot berkaki. Untuk yang lebih kecil, kini banyak tersedia aneka pot plastik yang sedang populer. Pilihan lain, ada pot pilar, yakni pot berbentuk kotak yang memanjang ke atas.

Supaya hemat, dianjurkan pemakaian pot besar yang bisa memuat bermacam tanaman hias . Dalam pot itu, tak ada batas antar tanaman. Jadi, bisa diatur gradasi warnanya agar makin ciamik.

Di tanah yang berbatasan dengan teras, cocok ditanami tanaman hias tumbuhan perdu agar air hujan yang jatuh tak memantul balik dan masuk ke teras. Saya menyarankan Anda memilih tanaman teh-tehan, krokot, oleander, bungur, dan palem ekor tupai.

Bila ingin tanaman perdu yang menebarkan wangi, pilihlah tanaman bunga melati. Jika ingin tanaman perdu berbunga, ada pula jenis baby rose. Bagi yang ingin tanaman cepat rimbunnya dan berbunga semarak, pilihannya adalah lantana.

Bagaimana? Kira kira Anda pilih yanga mana?
Share:

Selasa, 29 Juli 2014

10 Jenis Tanaman Hias Dengan Perawatan Mudah

10 Jenis Tanaman Hias Dengan Perawatan Mudah | Merawat rumah tetap indah dengan tanaman hias terkadang menjadi bumerang tersendiri  ketika perawatan tanaman ternyata sulit dilakukan. Berikut beberapa jenis tanaman hias yang dapat dipelihara namun tak rewel untuk menambah asri hunian  Anda.

Cemara Norfolk
 
Jenias tanaman hias - Cemara Norfolk
Cemara Norfolk
Rahasia merawat Cemara Norfolk atau Norfolk Island Pine tetap sehat adalah  cukup cahaya  dan kelembapan.  Cemara Norfolk yang kurang cahaya cenderung berubah menjadi cokelat dan rontok dimulai dari cabang-cabang terendah. Begitupula jika udara terlampau kering, akan menjadi target utama bagi laba-laba dan tungau untuk bersarang.  Di habitat aslinya cemara ini dapat mencapai tinggi 60 meter. Namun di dalam ruangan,  cemara norfolk umumnya hanya mencapai tinggi 3 meter.

Chinese Evergreen
 
Tanaman Hias Chinese Evergreen yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama lokal Sri Rejeki (Aglaonema commutatum) ini, umumnya digunakan sebagai tanaman indoor . Daunnya yang tebal berwarna hijau dengan motif di tengah bernuansa perak keabu-abuan memberikan sentuhan cerah dan alami di dalam ruangan.  Dalam perawatan, tanaman ini tak memerlukan banyak perawatan khusus seperti pupuk maupun obat anti hama. Tanaman ini juga tak banyak memerlukan air dan cenderung tahan ketika perawatan tidak berjalan teratur.  Kedua sifatnya (tangguh dan hijau) ini membuatnya banyak diminati sebagai tanaman rumahan.  Kendati beberapa pusat perbelanjaan juga meminatinya sebagai tanaman penghias pinggiran taman atau penutup lahan kosong.

Dracaena Fragrans
 
Tanaman Hias ini sepintas mirip dengan pohon Suji namun berdaun lebar dengan garis kuning melebar di bagian tengah daun.  Nama ilmiahnya adalah  Dracaena fragrans 'Massangeana'.  Tanaman ini sangat mendukung sebagai tanaman indoor berbatang tegak dengan daun-daun yang menjuntai. Sangat pas ditempatkan dalam sebuah pot besar sehingga nampak lebih mengisi.

Jika dracaena telah tumbuh terlampau tinggi, Anda dapat memotong bagian bawah batang sekitar 30 hingga 60 cm di atas tanah. Lalu, biarkan tunas baru tumbuh kembali dari bagian bawah.

Catatan : Tanaman ini beracun, sebaiknya jangan sampai dikunyah hewan peliharaan.

Dieffenbacchia atau Daun Bahagia
 
Dieffenbacchia (dieffenbachia spp) yang kerap disebut sebagai beras tumpah atau daun bahagia memiliki batang yang mirip dengan tebu. Berdaun rimbun dengan paduan hijau putih, menjadikan penampilan tanaman ini cukup mempesona di dalam ruangan. Jika ditanam bersama-sama dalam satu wadah akan nampak seperti semak yang rimbun. 

Penampilan daun yang tebal berwarna hijau dan putih juga mempertegas nuansa topis yang diberikan di dalam ruangan. Sayangnya, semua bagian tanaman ini beracun dan dapat menyebabkan iritasi parah pada bibir dan lidah.

Lidah Mertua
 
Tanaman Hias sukulen bernama asli Sansevieria trifasciata 'Laurentii' ini,  tak memerlukan perawatan untuk tumbuh dengan baik. Kendati demikian, penampilannya mampu memperindah ruangan dengan daun-daun yang mirip pedang panjang. Diluar negeri, tanaman ini lebih dikenal dengan nama Snake Plant karena memiliki motif daun yang mirip dengan sisik ular. Selain itu juga memiliki bentuk yang menjuntai tinggi.

Hampir semua jenis lidah mertua mampu bertahan kendati dalam pencahayaan rendah. Satu-satunya masalah yang dapat terjadi adalah akar membusuk jika terlalu banyak air.

Philodendron
 
Daunnya yang berbentuk hati memiliki sifat tahan lama, membuat tanaman philodendron menjadi tanaman indoor andalan. Daun-daun philodendron hederaceum oxycardium juga sangat tahan kendati berada dalam pencahayaan rendah. Philo dapat ditempatkan di tepi rak buku atau di atas perabot yang besar.
Batang philo dapat memanjat mudah pada moss atau kayu sehingga mudah membuatnya menjadi menara tegak hijau.

Tanaman Zee Zee
 
Tanaman Hias yang satu ini kerap dinamakan tanaman abadi karena sukulen tanaman ini mampu bertoleransi terhadap pencahayaan rendah dan tak memerlukan perawatan khusus. Daun yang tebal dan berkilau membuat tanaman ini mirip dengan plastik.

Tanaman yang bernama asli zamioculcas zamifolia ini memiliki sifat tumbuh lambat sehingga dapat dijadikan tanaman meja tanpa harus melakukan pemangkasan. Dan, jika Anda ingin menghias ruangan besar sebaiknya pilih tanaman yang besar pula.
Sesekali, Anda perlu memangkas beberapa batang untuk mempertahankan penampilan yang menghijau, sehat hingga beberapa minggu kedepan.
Tanaman Laba-laba 
 
Tanaman Hias ini adalah tanaman yang telah dikenal lama sejak jaman ibu-ibu kita. Nama ilmiahnya adalah chlorophytum comosum vittatum.  Tanaman ini memiliki daun yang mirip dengan rambut atau sarang laba-laba. Berwarna hijau putih dengan garis-garis putih.

Tanaman ini masih saja populer sebagai tanaman indoor.  Bentuknya yang rimbun dapat digantung maupun diletakkan sebagai tanaman pojok di atas pedestal tinggi. Anakan tanaman ini dapat dikembangkan di dalam air maupun ditanam di pot tanah sebagai tanaman baru.

Keladi-keladian
 
Tanaman Hias yang juga dikenal dengan nama asing arrowhead vine dan bernama ilmiah Syngonium podofilum ini dikenal sebagai tanaman rumahan yang fleksibel. Bisa bermanfaat sebagai indoor plant maupun outdoor plant. Daunnya yang mirip dengan pucuk anak panah  sedikit tebal  memiliki aneka ragam motif dan varian. Beberapa ada yang memiliki daun hijau dengan motif putih, hijau – bronzy  dengan sedikit sentuhan pink, dan sebagainya. Tanaman keladi hias ini dapat dibiarkan menjalar tegak di tiang maupun ditanam dalam keranjang dan digantung.  Sangat cocok diletakkan di berbagai sudut rumah untuk menambah keasrian dalam ruang.

Hoya
 
Hoya (Hoya carnosa) atau tanaman lilin, memiliki daun hijau berlilin dan  bunga merah muda nan wangi. Beberapa  tanaman memiliki sentuhan emas  menambah daya tarik tanaman. Anda dapat membiarkan memanjat, merambatkan batang ke topiary, atau membiarkannya  dalam keranjang menjuntai.

Tanaman hoya menawarkan bunga yang indah dan seringkali  memiliki wangi memikat. Tanaman ini tak memerlukan banyak air, sehingga tidak lekas layu ketika Anda lupa menyiraminya.
Share:

Senin, 28 Juli 2014

Manfaat dan Nilai Bisnis Tanaman Hias

Kehadiran tanaman hias dipekarangan rumah Anda dapat memberikan berbagai macam manfaat dan kegunaan. Selain mempercantik pemandangan, keberadaan tanaman hias juga akan memberikan udara segar di lingkungan sekitar rumah. Tentunya hal tersebut sangat baik untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Manfaat dan Nilai Bisnis Tanaman Hias

Bayangkan ketika Anda memasuki pekarangan rumah yang teduh dan asri dikelilingi dengan aneka jenis tanaman hias, bungan bunga yang cantik, aneka pohon berbunga, aneka tanaman perdu, tanaman rambat, hingga aneka pepohonan buah yang rindang. Sejauh mata memandang, pemandangan utama yang menghampar dari seluruh ruangan di dalam rumah hingga keseluruh penjuru halaman adalah hamparan warna-warni bunga tanaman yang terlihat asri dan membuat mata sejuk, tempat tinggal yang demikian terasa begitu tenang dan damai menyejukkan hati. Begitu menginjakkan kaki di rumah yang sperti itu, kemacetan kehidupan kota akan serta merta sirna dan terganti oleh perasaan teduh dan penuh dengan kedamaian itu.

Tanaman hias bukanlah sekadar hiasan untuk pelengkap rumah. Tanaman hias sebaiknya juga memenuhi fungsi sebagai peneduh dan filter penyaring debu dan udara. Setelah penghuni rumah sehari penuh didera kesibukan bekerja. Apalagi buat Anda yang setiap hari terjebak kemacetan lalu lintas perkotaan saat menuju dan pulang dari tempat bekerja. Anda akan kembali mendapatkan energi yang fresh setelah menikmati hamparan tanaman hias koleksi Anda. Segar rasanya kalau melihat banyak daun mekar dan merekahnya bungan serta ranumnya aneka buah dihalaman rumah kita.

Nilai Ekonomis Tanaman Hias


Kolektor dan atau hobbyist tanaman hias dalam mengoleksi tanaman lebih didorong pertimbangan bahwa tanaman yang ia koleksi itu punya nilai dan tidak terlalu sulit dibudidayakan. Kebanyakan orang mengoleksi tanaman yang dianggapnya akan punya nilai jual. Demikian pula jika tanaman mudah berkembang biak, misalnya melalui bijinya yang melenting seperti tanaman adenium dan anthurium. Pertimbangan lain dalam megkoleksi tanaman hias adalah aspek kelangkaan. Semakin langka suatu tanaman hias, semakin jarang orang memiliki, semakin menimbulkan kebanggaan tersendiri.

Itu pula sebabnya banyak kolektor bertahan memilih anthurium, aglaonema, adenium, euphorbia, philodendron, sansevieria, bromelia, yang banyak beredar di pasaran saat ini. Budi daya tidak terlalu sulit, perawatan juga tidak terlalu mudah, dan harga di pasaran terus terjaga. Sebaiknya anda tetap tekun merawat tanaman koleksi anda seperti adenium, euphorbhia, anthurium Jenmanii dan Gelombang Cinta dengan sebaik-baiknya walaupun harga tanaman hias secara umum saat ini sedang anjlok, bahkan tidak laku dipasaran.

Mengoleksi tanaman hias, memang kemudian terpulang pada tujuan anda masing-masing. Kalau bisa di kelompokkan, ada  yang memang kolektor sejati, hobbyist, dan user atau pelaku yang biasanya hanya mengikuti pasar. Tertari untuk bisnis tanaman hias?
Share:

Minggu, 06 Juli 2014

Azalea : Nama Tanaman

Azalea : Nama Tanaman - Ada dua jenis azalea yang dikenal sebagai tanaman hias pot yaitu Indian Azalea (Rhododendron simsii) dan Japanese Azalea (Rhododendron obtusum), keduanya adalah tipe kerdil yang tumbuh sampai ketinggian 1-1,5 kaki. Indian Azalea biasa digunakan untuk hiasan saat natal dan tahun baru, agar diperoleh tanaman yang tahan lama pilihlah tanaman yang sedikit bunga mekar dan lebih banyak yang kuncup.

Azalea : Nama Tanaman

Bunga Azalea yang mekar dapat gugur dalam 1 minggu. Untuk menjaga tanaman tetap berbunga media harus senantiasa dalam kondisi basah (tidak hanya lembab), udara sejuk, cahaya terang dan bunga yang mati harus segera dibuang.

Informasi Umum Tanaman Hias Bunga Azalea

  • Rhododendron simsii = Indian Azalea, warna bunga yang populer adalah merah muda sedang yang lain adalah putih, merah dan ungu. Ada juga yang tipe bunga dua warna yaitu putih dengan tepi merah muda (Inga), merah muda dengan tepi putih (Osta), keduanya memiliki petal yang berkerut. 
  • Bunga Azalea Jepang ukurannya lebih kecil daripada Azalea Indian, tapi jenis ini cocok untuk ditanam di luar ruangan. 


Tips Perawatan Tanaman Hias Bunga Azalea

  1. Suhu sejuk, 50 F 
  2. Cahaya penuh, matahari tidak langsung 
  3. Pengairan: jaga kondisi tetap basah 
  4. Penggantian media : 1 tahun sekali 
  5. Setelah berbunga pindah ketempat yang sejuk dan ternaungi, beri pupuk dan jaga pengairan. Pindah ke tempat yang lebih hangat saat berbunga.


Share:

Asparagus : Nama Tanaman

Asparagus : Nama Tanaman - Dua jenis asparagus paku yang populer  (Asparagus plumosus dan A. densiflorus sprengeri) memiliki daun yang berbulu. Daun ini sering digunakan untuk rangkaian bunga-bunga. Bentuknya seperti kelompok paku-pakuan dan “daunnya” mirip jarum.

Asparagus paku mudah sekali tumbuh, lebih mudah dari jenis paku-pakuan karena mampu beradaptasi dengan cahaya, panas dan air. Tidak tergantung pada kelembaban udara dan mudah diperbanyak.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, batang yang melengkung atau yang tumbuh lurus tidak boleh terhalangi oleh tanaman lain.

Asparagus : Nama Tanaman

Yang berdaun rata seperti telapak A. asparagoides = Smilax, sulit tumbuh didalam ruangan dibanding dengan yang, lain tapi sering digunakan untuk tanaman gantung.

Informasi Umum Tanaman Asparagus

  1. Asparagus plumosus, bentuk seperti paku-pakuan, cabang saat muda menjalar dan saat tua menjadi menjurai, buah kadang-kadang muncul. 
  2. Asparagus plumosus nanus, merupakan tipe paling kecil. 
  3. Asparagus densiflorus sprengeri = Emerald Fern, mempunyai batang pemanjat dengan daun hijau muda, buah berwarna merah. 
  4. Asparagus meyeri = Plume Asparagus, batang keras dan tegak, tertutup dengan jarum-jarum yang padat, tanaman mirip bentuk sikat botol yang berwarna hijau. 
  5. Asparagus falcatus, daun berbentuk sabit yang lebar, tingginya sekitar satu meter dengan batang berduri 
  6. Asparagus asparagoides  = smilax, tanaman vigor dengan batang pemanjat yang bisa mencapai 1,5 m lebih. Biasa digunakan untuk bunga potong, batang yang segar dapat bertahan lama setelah dipetik. 


Tips Budidaya Tanaman Asparagus

  1. Suhu rata-rata hangat, minimal 60 F 
  2. Cahaya penuh, setengah terlindung , bukan matahari langsung 
  3. Pengairan: jaga kondisi tetap lembab 
  4. Penggantian media : 1 tahun sekali 
  5. Perbanyakan tanaman dengan pemisahan tanaman atau dengan biji 


Share:

Arundinaria : Nama Tanaman

Arundinaria atau Bambu Amerika. Bambu jarang digunakan untuk tanaman ruangan, tapi bisa digunakan untuk menghiasi ruangan yang sangat luas. Bambu memiliki buluh-buluh mirip batang dan cabang-cabang berdaun yang mirip rumput. Ada banyak varietas yang mampu  tumbuh dengan baik pada kondisi udara dingin. Pemberian air dan pupuk yang teratur selama masa pertumbuhan akan menghasilkan tanaman yang baik

Arundinaria : Nama Tanaman

Informasi Umum Tanaman Hias Arundinaria
Arundinaria variegata, varietas kerdil (2-3 kaki) yang memiliki daun warna putih dan hijau bergaris.Varietas yang tinggi (8-9 kaki), mempunyai warna batang yang khas A. nitida (ungu), A. murielae (kuning).

Tips Budidaya Tanaman Hias Arundinaria

  • Menyukai suhu dingin 
  • Cahaya penuh, setengah terlindung atau matahari tidak langsung 
  • Pengairan: jaga kondisi tetap lembab 
  • Penggantian media : bila perlu 
  • Perbanyakan dengan pemisahan tanaman 


Share:

Cemara Norfolk : Nama Tanaman

Cemara Norfolk adalah Konifer berbentuk bagus ini mudah sekali tumbuh dan banyak sekali manfaatnya. Pada saat bibit dapat digunakan untuk terrarium, tanaman kecil untuk hiasan meja sedangkan tanaman yang besar untuk hiasan ruangan yang besar. Tanaman ini menyukai kondisi yang sejuk dengan cahaya penuh. Tanaman ini mampu tumbuh hingga ketinggian 1,5 m. Jika ditempatkan didalam pot pertumbuhan tanaman ini akan terbatas, shingga cocok untuk tanaman dalam ruangan. Masalah tanaman ini adalah kerontokan daun dan tidak munculnya pucuk yang disebabkan oleh panas, udara kering ataupun media yang kering

Cemara Norfolk : Nama Tanaman

Informasi Umum Tanaman Cemara Norfolk

Araucaria heterophylla / A. excelsa = Norfolk Island Pine = Cemara Norfolk. Satu-satunya spesies yang dijual untuk tanaman rumah. Tanaman ini lambat tumbuh mempunyai cabang-cabang kaku yang dipenuhi dengan jarum-jarum berduri. Tanaman yang baik adalah yang pertumbuhannya simetris.

Tips Budidaya Tanaman Cemara Norfolk
  • Suhu rata-rata hangat
  • Cahaya penuh, setengah terlindung atau matahari langsung 
  • Pengairan: jaga kondisi tetap basah 
  • Penggantian media : 3-4 tahun sekali

Share:

Jumat, 04 Juli 2014

Anyelir (Carnation) : Nama Tanaman

Asal tanaman Anyelir adalah dari daerah Mediterania.  Tanaman bunga anyelir di Indonesia kebanyakan berasal dari hasil pemuliaan dari Belanda. Ini adalah tanaman herba semusim. Umur produksi hingga 1.5-2 tahun.  Bunga dipanen pada saat masih stengah mekar.

Anyelir (Carnation) : Nama Tanaman

Digunakan sebagai bunga potong.  Ada dua tipe :
Standar : satu tangkai dipelihara satu bunga pada tunas terminal
Spray : dipelihara beberapa bunga dari tunas lateral/samping

Varietas Bunga Anyelir:
  • Warna merah : Tornado, Espana, Aicardi
  • Warna putih : White Candy, Delphi 
  • Warna kuning : Candy, Murcia, Las palmas 
  • Warna oranye : Orange Triumph, Raggio De Sole 
  • Warna Pink : Pink Pisa, Manon, Gala 
  • Campuran 2 Warna : Rendezvous, Tundra, Hellas

Budidaya Bunga Anyelir
  • Perbanyakan dari stek
  • Pinching, untuk mendapatkan tunas yang banyak 
  • Netting (menopang tanaman dengan net/jala untuk mencegah tanamn roboh) 
  • Pupuk NPK dengan kadar N lebih tinggi
Share:

Kamis, 03 Juli 2014

Anthurium : Nama Tanaman

Anthurium relatif termasuk tanaman hias yang mahal, tapi harga ini dimbangi dengan penampilan mereka yang menujukkan kemewahan. Jenis berbunga lebih banyak disukai konsumen. Crystal Anthurium adalah jenis anthurium yang memiliki daun menarik, tapi jenis ini cukup susah pengembangbiakannya. Jenis ini membutuhkan udara lembab dan dijaga pengairannnya, aerasi akar harus dijaga dengan menjaga media tetap lembab. Anthurium yang terkenal di Indonesia antaranya adalah Jenmanni dan Gelombang Cinta.

Anthurium : Nama Tanaman

Informasi Umum Tanaman Anthurium
  • Anthurium crystallinum = Crystal Anthurium, warna daun saat muda ungu keperakan kemudian berubah menjadi hijau tua. Daun berbatang tegak dengan tulang daun berwarna keperakan yang menonjol.
  • Anthurium scherzerianum = Flamingo Flower = Pigtail Plant, adalah jenis anthurium untuk dalam ruangan, tinggi 1 kaki dan mempunyai “ekor” keriting, umumnya berwarna merah cerah ada juga yang berwarna putih (Album). 
  • Anthurium andreanum = Oilclotch Flower = Painters Pallete, jenis ini mempunyai ukuran lebih besar, lebih cocok untuk di luar ruangan. Varietas yang tersedia mempunyai bunga warna putih, merah muda, oranye dan merah.

Tips Perawatan Tanaman Anthurium:
  • Suhu hangat minimal 55 F
  • Hindari cahaya  matahari langsung 
  • Pemberian sedikit air untuk menjaga kondisi media tetap lembab 
  • Penggantian media  2 tahun sekali 
  • Perbanyakan dengan pemisahan anakan

Share:

Aglaonema : Nama Tanaman

Aglaonema adalah tanaman hias daun yang mempunyai ciri ciri mempunyai daun yang besar. Aglaonema varietas hijau mempunyai kelebihan dapat tumbuh dalam kondisi cahaya yang minim. Varietas varigata memerlukan cahaya yang lebih terang. Di Eropa kelebihan tanaman yang lambat pertumbuhannya ini adalah toleransinya terhadap naungan sehingga bisa diletakkan di dalam udara ruangan. Aglaonema adalah jenis tanaman hias yang perawatannya cukup mudah.

Aglaonema : Nama Tanaman

Aglaonema adalah tanaman yang lambat tumbuh dan  membutuhkan pemupukan teratur. Pada specimen muda tidak mempunyai batang, sedangkan yang tua mempunyai batang pendek bekas pangkal daun yang gugur.

Jenis Aglaonema

  • Aglaonema pictum, termasuk jenis yang kecil daun berbintik-bintik, permukaan seperti beludru. 
  • Aglaonema nitidum, merupakan jenis yang besar daun berwarna hijau biasa 
  • Aglaonema modestum, merupakan jenis variegata 
  • Aglaonema commutatum, daun mempunyai garis-garis tebal horizontal berwarna perak 
  • Aglaonema pseudobractearum = Golden Evergreen, daun mempunyai bercak kuning, putih tulang dan hijau tua 
  • Aglaonema commutatum silverspear , merupakan varietas yang menarik dengan hibrida-hibridanya adalah A. silverqueen dan A. silverking , warna daun hampir keseluruhan didominasi warna hijau keperakan. 


Tips Perawatan Tanaman Hias Aglaonema

  • Suhu hangat, minimal 60 F 
  • Cahaya ½ penuh, hindarkan matahari langsung 
  • Pemberian air teratur 
  • Penggantian media 3 tahun sekali 
  • Perbanyakan dengan stek pangkal batang dan perundukan 


Share:

Rabu, 02 Juli 2014

Alocasia : Nama Tanaman

Tanaman Alocasia atau yang lebih dikenal dengan nama Bira. Tanaman ini mempunyai batang daun yang kokoh untuk menunjang daunnya yang lebar. Tulang daun tanaman ini berwarna pucat. Alocasia sangat peka terhadapt suhu udara, sehingga tidak cocok ditempatkan di dalam ruangan.

Alocasia : Nama Tanaman

Informasi Umum Tanaman Alocasia

  • Alocasia sanderiana = Kris Plant warna daun hijau metalik dengan batas berlekuk.
  • A. amazonica, jenis ini lebih mudah ditemukan , warna daun lebih tua sangat kontras dengan tulang daunnya yang putih. 


Tips Perawatan Tanaman Alocasia

  • Suhu hangat, minimal 60 F 
  • Ternaungi dari cahaya 
  • Pengairan: jaga media tetap lembab 
  • Penggantian media : 1 tahun sekali 
  • Perbanyakan : pemisahan tanaman 


Share:

Allamanda : Nama Tanaman

Allamanda adalah salah satu jenis tanaman hias dengan nama latin Pleurotus Ostreatus.Tanaman mempunyai pola hidup merambat dan akan lebih bernilai tinggi jika kondisinya lebih kuat. Daunnya yang mengkilat, bunga besar berbentuk terompet dengan warna kuning merupakan ciri khas tanaman ini. Allamanda sangat tergantung pada kelembaban udara dan jumlah penyinaran yang cukup, sehingga sangat baik ditanam di diluar ruangan khususnya taman minimalis.

Allamanda : Nama Tanaman

Informasi Umum tentang Tanaman Allamanda

  • Allamanda catharica = Golden Trumpet ada 2 varietas yaitu Grandiflora bunga kuning pucat tersusun rapat, Hendersonii tunas merah, bunga keemasan.


Tips Perawatan Tanaman Allamanda

  • Suhu hangat minimal 60 F
  • Cahaya matahari langsung
  • Pengairan: jaga kondisi tetap basah
  • Penggantian media : 1 tahun sekali
  • Perbanyakan : stek batang


Share:

Acorus : Nama Tanaman

Acorus termasuk jenis tanaman hias rumput-rumputan, berbentuk lempengan kipas tipis dengan daun hijau bergaris putih. Tanaman hias ini dapat tumbuh dalam iklim apapun karena mampu bertahan pada kondisi yang minimum. Tumbuh baik dalam kondisi kelebihan air maupun kekeringan bahkan kondisi cuaca dingin. Beberapa masalah yang sering ditemui pada tanaman Acorus diantaranya serangan kutu laba-laba merah pada daun.

Acorus : Nama Tanaman

Informasi Umum Tanaman Acorus

  • Hanya ada 1 varietas budidaya Acorus gramineus varigatus = Sweet Flag. Berwarna putih dengan garis-garis , sangat baik untuk terrarium. 


Tips Perawatan Tanaman Acorus

  • Menyukai suhu dingin 
  • Cahaya penuh, ½ ternaungi sebaiknya bukan matahari langsung 
  • Pemberian air secara teratur, jaga media tetap lembab 
  • Penggantian media bila perlu 
  • Perbanyakan dengan rhizome 


Share:

Selasa, 01 Juli 2014

Akalipa atau Ekor Kucing : Nama Tanaman

Akalipa atau ekor kucing adalah jenis tanaman hias yang termasuk dalam kelompok semak berkayu. Tanaman ini mempunyai ciri ciri pertumbuhan yang cepat. Tanaman hias ini tidak cocok kalau diletakkan didalam ruangan. Tanaman ini untuk tumbuh dengan baik butuh kelembaban tinggi. Kondisi udara yang kering akan mengakibatkan daun rontok dan timbulnya serangan tungau merah. Agar tanaman hias ini tetap dalam kondisi vigor perlu dilakukan pemangkasan yang teratur setiap tahun, pemangkasan dapat dilakukan sampai dengan  ½ ukuran. Bunga Akalipa yang mati dan bunga yang muncul pertama akan lebih baik jika dibuang.

Naman Tanaman Hias Akalipa atau Ekor Kucing

Informasi Umum tentang Tanaman Akalipa

  • Acalypha hipsida = Chenille Plant = Red Hot Castail, belukar dengan tinggi 6 kaki, bunga biasanya berwarna merah, varietas Alba  bunganya berwarna putih. 
  • Acalypha wilkesianan = Copperleaf = Daun tembaga 
  • Warna daun merah tembaga cerah, panjang daun lebih kurang 5 inci, berbentuk semak dengan tinggi 4 kaki. Varietas yang bagus Godsefiana (warna dasar hijau dengan pinggiran putih) Musaica (merah, kuning dan perak) 


Tips Perawatan Akalipa

  1. Suhu hangat, 65-80 F 
  2. Cahaya penuh sebaiknya bukan matahari langsung 
  3. Pemberian air secara teratur agar media tetap lembab 
  4. Penggantian media 1 kali setahun 
  5. Perbanyakan dengan stek batang
Share:

Achimenes : Nama Tanaman

Achimenes adalah tanaman hias bunga yang dapat menghasilkan banyak bunga berukuran besar. Karakteristik tanaman ini mempunyai bunga berambut yang berkilauan. Warna bunga biasanya berwarna putih, biru, ungu, merahmuda dan kuning. Umur mekar bunga Achimenes tidak lama, tangkai bunga lemah dan liat. Tanaman hias bunga ini cocok untuk ditempatkan di taman gantung. Dapat juga berfungsi sebagai tanaman semak, namun harus sering dilakukan pemotongan pada bagian tanaman yang menjalar. Perawatan Achimenes tergolong mudah yaitu dengan menjaga tanaman tetap dalam kondisi udara hangat dan media tanam jangan sampai kering.

Achimenes : Nama Tanaman

Informasi Umum Tanaman Achimenes

  • Achimenes erecta (A. coccinea). Tidak seperti namanya tipe ini adalah tipe pemanjat dengan panjang batang sekitar 18 inci, warna batang kemerahan dan bunganya berwarna merah cerah.
  • A.longifolia. Panjang daun sekitar 3 inci, merupakan kelompok tanaman pemanjat dengan tinggi 1-1,5 kaki. Warna bunga biasanya ungu dengan bintik putih..
  • A.grandifloria. Spesies ini termasuk yang jarang ditemukan.Merupakan spesies yang paling panjang  (2 kaki), saat berbunga batang akan terkulai, lebar bunga 2 inci. 
  • Hibrida terdiri dari berbagai varietas dengan  warna bunga  bervariasi, diantaranya merah muda untuk varietas Rose, Little Beauty, Pink Beauty, warna ungu untuk varietas Purple King dan Paul Arnold, warna kuning Yellow Beauty, warna putih Schneewitsen, warna merah Master Ingram dan warna putih denga urat ungu Ambroise Verschaffelt. 


Tips Perawatan Tanaman Achimenes

  • Suhu hangat, minimal 55 F 
  • Tidak boleh terkena cahaya matahari langsung 
  • Jaga kondisi media tetap lembab 
  • Penggantian media  1 tahun sekali 
  • Perbanyakan dengan stek batang 



Share:

Daftar Nama Latin Tanaman

Daftar Nama Tanaman beserta Nama Latin

Daftar Nama Tanaman beserta Nama Latin

A. Jenis rumput, lumut dan penutup tanah (ground covers)
NAMA LATINNAMA LOKAL
Adiantum cuneatumSuplir
Adiantum raddianumSuplir
Adiantum capillus-venerisSuplir daun lebar
Aegopodium podagraria variegatumTerang bulan
Aglaonema pictaBeras tumpah
Aglaonema commutatumSri rejeki
Agrostis stoloniferaRumput peking
Althenanthera ficoidesKrokot hijau
Althenanthera amoenaKrokot kriminil
Anthurium crystallinumKuping gajah
Anthrium scherzerianumAnthurium kembang merah
Asparagus sprengeriKrisdoren
Aspidistra elatiorAspidistra
Axonopus compressusRumput pahitan
Billbergia nutansNanas-nanasan
Calanchoe pinnataCocor bebek
Chlorophytum comosumLiliparis
Crassula arborescensKarsula/katis daun picisan
Cypereus alternifoliusRumput payung
Episcia fulgidaJenggot musa
Episcia cupreataDaun tembaga
EraqrortisRumput golf
Platycerium spSimbar menjangan
Rhoe discolorNanas kerang
Sanseviera trifasciata laurentiiLidah mertua/strip kuning
Sanseviera trifasciata craigiiLidah mertua/abu-abu
Sanseviera trifasciata haniiLidah mertua/pendek abu-abu
Sanseviera trifasciata aurea hehniiLidah mertua/pendek strip kuning
Sainpaulia ionanthaAfrican violet/viotjces
Saxifraga stoloniferaStrawberry geranium
Selaginella apodaLumut varen/lumut payung
Selaginella paxiiLumut rumput
Solanum capsicastrumCabe hias
Strobilanthes dyerianusDaun samarinda
Tradescantia albifloraRumput yahudi
Verbena laciniata/bipinnatividaVerbena
Wedelia trilobataWedelia
Zebrina pendulaSebrina
Zoysia matrellaRumput manila
B. Tanaman Border yang Berdaun Indah
Aloe arborescensLidah buaya
Alocasia macroryzaTalas besar/belang putih
Aphelandra squarrosaDaun sebra
Arundo donaxGlagah putih
Aucuba japonicaAcuba jepang
Begonia argentea-guttataBagonea/daun lebar berbintik
Begonia rexBegonia/daun antik
Begonia ricinifoliaBegonia/daun hijau tua
Begonia semperflorensBegonia/daun bergaris putih
Caladium bicolorKeladi dua warna
Caladium hortulanumKeladi batik
Calathea lancifoliaMeranta pedang
Codiaeum variegatumPuring
Coleus hybridusJawer kotok/miana
Cordyline terminalisAndong istambul
Costus speciosusPacing putih
Crassula argenteaKrasula
Crossandra undulifoliaRosindah
Dieffenbachia albaBlanceng putih
Dieffenbachia amoenaBlanceng besar
Dieffenbachia exoticaBlanceng beras tumpah
Dieffenbachia pictaBlanceng bintuk-bintik
Dracaena fragransAndong hijau strip kuning
Dracaena godseffianaAndong bentik-bintik emas
Dracaena marginataAndong coklat pi8nggir merah
Dracaena sandersiiSugi putih
Ehretia microphyllaEhresia
Eunimus japonicusYonimus jepang
Euphorbia pulcherrimaEporbia/poinsetia
Excoecarya coccichinesisSamjbang darah
Gardenia jasminoidesKaca piring
Heliconia bihaiPisang bugis
Heliconia collinsianaPisang hawai/bunga gantung
Heliconia wagnerianaPisang hawai/bunga tegak
Iresine herbstiiBayem merah
Ixora coccineaSoka besar/soka kecil
Ixora javanicaSoka besar
Jasminum grandifloriumMelati menur
Jasminum multifloriumMelati gambir
Jasminum sambacMelati
Kalanchoe pinnataCocor bebek
Malphigia coccigyeraMirten
Nothophanax fruticosumKedondong laut
Nothophanax scutelariumDaun mangkokan
Pandanus amaryllifoliudPandan wangi
Phylodendron bipinatividiumDendron/daun agak lembek
Phylodendron giganteaDendron raksasa
Phylodendron selloumDendron/daun kekar
Polyscias balfouriana ‘peacockii’Kedondong merak
Pleomele reflexa ‘song of india’Andong antik/song of india
Pleomele reflexaAndong Malaysia
Pseuderanthemum reticulatumMelati jepang
Serissa poeticaMirten daun kecil
Solanum mammosumTerong susu
Solanum pseudo-capsicumCabe hias
Strelizia reginaePisang bunga surgawi
Strobilanthes dyerianusDaun Samarinda
Yatropa padagricaJarak hias
C. Tanaman Border yang berbunga indah
Althea roseaStokrosea
Aster multifloriusAster
Canna hortensisKana bunga tasbeh
Canna indicaKana
Celosia plumosaKembang jengger
Chrysanthemum spKrisan/seruni
Coreopsis maritimaKembang goyang
Coreopsis grandifloriumKoreopsis
Coreopsis candatusKembang kenikir
Coreopsis asiaticumBakung
Dahlia spDahlia
Dianthus caryophyllusAnyelir
Euphorbia splendens/milliMahkota duri
Epiphyllum grandifloriumRatu Malam
Geranium spGeranium
Gladiolus hybridusRadiul
Gomphrena globosaKembang gundu
Graptophylum pictumMelati jepang
Haemanthus katherinaeBunga desember
Hellianthus annusBunga matahari
Hellichrysum barcteatumKembang kering
Hibiscus coccineusKembang sepatu/merah
Hibiscus mutabilisKembang sepatu
Hibiscus rosa-sinensisKembang sepatu/merah
Hibiscus schizopetalusKembang sepatu/bunga tergantung
Hibiscus syriacusMawar saron/ungu
Hippeastrum hybridaAmarillis
Hyacianthus orientalisHiasin
Hydrangea macrophyllaPanca warna/pancaroba
Impatiens balsaminaPacar air
Lagerstroemia indicaBungur sakura
Mirabilis jalapaBunga pukul empat
Moussaenda erythrophyllaNusa Indah Merah Tua
Moussaenda heterophyllaNusa Indah Merah Jambu
Moussaenda philipicaNusa Indah Putih
Nicolaia speciosaHonje
Phlox drummondiiBunga flox
Pittosporum tobiraKamboja jepang
Polianthes tuberosaSedap malam
Rhodendron obtusumAzalea
Rosa hybridaMawar/bunga ros
Salvia splendensSalvia
Sinningia speciosaGloksinia
Spathoglottis affinis/plicataAnggrek tanah
Tagetes erectusKembang kenikir
Vinca roseaTapak dara
Zephyranthes candidaLili kucai
D. Perdu dan Pohon berbunga indah
Amhertsia nobilisBunga sapu tangan
Bauhinia monandraDaun kupu-kupu/kuning
Bauhinia monandraDaun kupu-kupu/merah jambu
Bougainvillea glabraBugenvil/daun lebar
Bougainvillea hybridiaBugenvil ‘hawaii’
Bougainvillea spectabilisBugenvil
Brunfelsia unifloraMelati kosta
Caesalpinia pulcherrimaKembang merak
Calliandra haematonaKaliandra/merak
Calliandra haematocephalusKaliandra ‘Powder puff’
Canaga ordorataKenanga
Cassia alataKetepeng
Cassia fistulaHujan emas
Cassia multijugaHujan emas/seperti flamboyan
Delonix regiaFlamboyan
Eryntrina acanthocarpaDadap bunga merah putih
Erythrina crista-galliDadap hijau/bunga merah
Erythrina indicaDadap hitam/bunga merah tua
Erythrina parcelliiDadap daun strip/bunga merah
Gardenia jasminoidesKaca piring
Hibiscus rosa-sinensisKembang Sepatu
Ilex cornutaBuah kerendang
Ixora indica/javanicaSoka besar/jawa
Jacaranda filicifoliaJakaranda/kembang ungu
Lagerstroemia indicaBungur sakura
Lagerstroemia speciosaBungur besar
Magnolia grandifloraMagnolia/bunga besar
Maniltoa gemiparaDaun sapu tangan
Mimosa pulcherrimaMimosa daun perak
Nerium oleanderOleander/bunga mentega
Ochna kirkiiMung-mei
Peltophorum pterocarpusKayu soga/kembang kuning
Plumeria indicaKamboja putih
Plumeria rubraKamboja merah
Pittosporum tobiraKamboja jepang
Pisonia sylvestrys var. albaKol banda
Schefflera actynophyllaRamugiling/walisongo
Spathodea campanulataKembang kecrutan/angsret
E. Pohon Peneduh Jalanan
Accasia auriculiformisAkasia
Adenanthera pavoninaPohon saga
Canarium communeKenari
Ficus benyaminaBeringin
Ficus elasticaKaret kerbau
Ficus retusaBeringin jenggot
Filicium decipiensKerai payung
Khaya senegalensesPohon kaya
Kigelia pinnataAtamimi/sosis besar
Mimusops elengiTanjung
Muntingia callaburaPohon Talok
Polyathea longifoliaGlodogan
Pterocarpus indicusAngsana
Salix babylonicaYang liuh
Samanea samanTrembesi
Swietenia mahagoniMahoni
Tamarindus indicusAsem
Terminalia catappaKetapang
F. Tanaman Merambat/Pergola
Alamanda catharticaAlamanda
Antigonon leptotusAir mata pengantin
Asparagus plumosusAsparaga
Bougainvillea spectabilisBugenvil
Clerodendron thomsonaeNona makan sirih
Cissus discolorPerambat lurik
Coccigyera hookeriiDaun markisa
Congea velutinaKongea
Fuchsia hybridaFuhsia
Hedera helixBintang terang
Hoya carnossaHoya
Muccuna bennetiiBunga irian/merah
Muccuna sylvestrysBunga irian/putih
Passiflora caeruleaMarkisa
Petrea volubilisPetrea
Quamoclit pinnataSangga langit
Scindapsus aureusSirih gading
Stephanotis floribundaStepanut
Strongilodon macrobotrysBunga irian/biru
G. Tanaman Pagar
Acalypha hispidaAkalipa buntut kucing
Acalypha wilkesianaAkali[a daun merah/coklat
Bambusa multiplexBambu cina
Ehretia spEhresia/serutan
Malphigia coccigeraTeh-tehan
Murraya panniculataKemuning
Nothopanax fruticosumKedondong laut
Nothopanax scutelariumMangkokan
Pluchea indicaBeluntas
H. Keluarga Nanas-nanasan/Bromeliade
Aechmea fasciataEhmea hijau abu-abu
Aechmea fulgensEhmea hijau balik merah
Aechmea macracanthaEhmea merah gelap
Aechmea miniata discolorEhmea bunga jail merah ungu
Aechmea rhodocyaneaEhmea berbunga indah
Aechmea bracteata ‘Striata’Nanas samarinda
Ananas comosusNanas buah
Billbergia nutansNanas pandan
Cryptanthus acaulisKriptantus hijau
Cryptanthus bahianusKriptantus lidah buaya
Cryptanthus bromelioidesKriptantus hijau strip putih
Cryptanthus bivittatus minorKriptantus coklat strip
Cryptanthus fosterianusKriptantus tokek/abu-abu
Cryptanthus tricolorKriptantus tri warna
Cryptanthus ‘It’Kriptantus merah jambu strip
Cryptanthus zonatusKriptantus tokek/kemerahan
Guzmania lingulataNanas bunga merah
Guzmania SanguineaNanas hijau/bunga merah
Guzmania tricolorNanas triwarna
Neoreglia cancentricaHijau garis putih tengah merah
Neoreglia carolinae ‘tricolor’Nanas triwarna tengah merah
Neoreglia tristisNanas hias kecil/coklat ungu
Nidularium innocentiiNanas merah balik hijau
Nidularium striatumHijau coklat strip putih
Tillandsia cyaneaNanas pandan/bunga udang
Vriesia carinataNanas hias/bunga udang
Vriesia psittacinaNanas hias/bunga merah kuning
Vriesia splendensNanas hias/bunga hijau belang
I. Keluarga Cemara
Araucarya exelsaCemara norflok
Araucarya cunninghamiiArokarya daun tajam
Cassuarina equisettifoliaCemara angin
Cassuarina sumatranaCemara bulu kasuari
Cupressus AfricanaCemara natal
Cupressus papuanaCemara gembel
Cupressus semperfirensCemara pecut
Juniperus chinensisCemara cina
Juniperus chinensis ‘compacta’Cemara cina kerdil
Juniperus communis hibernicaCemara lilin
Juniperus exelsa strictaCemara bertajuk masif
Juniperus horizontolis plumoseCemara bulu rebah
Juniperus procumbensCemara jepang
Juniperus Sabina temariscifoliaCemara buaya
Juniperus scopulorumCemara kerucut
Pinus mercusiiPinus
Thuya orientalis aurena-nanaCemara kipas emas
Thuya occidentalis ‘bakers’Cemara kipas
Thuya occidentalis ‘bonita’Cemara karang
Thuya occidentalis globosaCemara kubah
J. Kelaurga Palem
Actynophloesus macarthuriiPalem jepang/kasar
Actynophloesus sanderianusPalem jepang/ramping
Actynophloesus catechuJambe/pinang
Actynophloesus minahasaJambe minahasa
Actynophloesus longressianaJambe kerdil
Actynophloesus pinnataAren/kawung
Borassus flabelliferaSiwalan
Caryota mitisSarai
Chamaedora elegansPalem cantik
Chrysalidocarpus lutescensPalem kuning
Cocos capitataKelapa gading
Cocos nuciferaKelapa sayur
Cocos hybridaKelapa genjah
Cycas revoluteSikas halus
Cycas rumphiiSikas kasar/haji
Cyrthostachys lakkaPalem merah
Elaeis guinensisKelapa sawit
Iguanura macrostacchyaPinang kera
Licuala grandisPalem payung
Licuala spinosaPalem payung berduri
Livistona rotundifoliaPalem Sadeng
Livistona spinosaPalem jari
Oreodoxa regiaPalem raja
Phoenix canariensisPhoenix
Phoenix dactyliferaKurma
Rhapis excelsPalem weregu
K. Keluarga Bambu
Arundinaria japonicaBambu jepang
Bambusa arundiaceaBambu ori
Bambusa arundinaceaBambu pagar
Bambusa multiplexBambu pagar/hidup
Bambusa vulgarisBambu kuning
Bambusa vulgaris SchardBambu tutul
Dendrocalamus asperBambu betung
Gigantochloa apusBambu tali
Gigantochloa atterBambu hitam/wulung
Gigantochloa verticillataBambu gombong
Phyllostacchys aureaBambu emas
Thyrsostachys siamensisBambu kuning/siam
L. Tanaman Air
Cabomba caroliniananaKabomba/ganggang halus
Ceratopteris thalicroidesPaku air
Echinodorus intermediusPedang amazon
Echornia crassipesEceng gondok
Elodea densaElodea
Fontinalis antipyreticaWillow moss
Hydrilla verticillataGanggang
Hydrocharis asiaticaSejenis kiapung
Ludwegia palustrisLudwegia
Myriophyllum verticillatumGanggang buntut srigala
Nelumbium nellumboTeratai
Nelumbo nuciferaPadma
Nymphaea tetragonaTeratai kecil
Potamogeton distinctusLidah tiung
Valisneria asiaticaRumput sidat
Sagitta SagittifoliaBia-bia
Typha latifolia/domingensisTifa/lembang
Victoria regiaTeratai nyiru
M. Pohon Buah-buahan
Achras zapotaSawo
Ananas comosusNanas
Anacardium occidentaleJambu monyet
Annona muricataSirsak
Annona squamosaSrikaya
Antidesma buniusWuni
Artocarpus altilisSukun/kluwih
Artocarpus heterophyllusNangka
Artocarpus integerCempedak
Averrhoa balimbiBlimbing sayur
Averrhoa carambolaBlimbing manis
Bacaurea racemosaMenteng
Bouea macrophyllaGandaria
Carica papayaPepaya
Citrus grandisJeruk besar
Citrus japonicaKamkuat
Citrus limonJeruk limau
Citrus medicaJeruk sitrun
Citrus nobilisJeruk keprok
Citrus reticulateJeruk mandarin
Citrus sinensis aurantiumJaruk manis
Citrullus lanatusSemangka
Cucumis melloBlewah
Cynometra caulifloraNam-nam
Diospyros kaukiKesemek
Durio zibethinusDurian
Eugenia polycephalaGowok
Euphoria longanLengkeng
Flacourtia inermisLobi-lobi
Flacourtia rukamRukem
Garcinia dulcisMundu
Garcinia mangostanaManggis
Lansium domesticumLangsat/duku
Mangifera foetidaBacang
Mangifera indicaMangga
Mangifera odorataKuweni
Mangifera kaukiSawo kecik
Musa acuminatePisang
Nephelium appaceumRambutan
Nephellium litchiLeci
Passiflora quadrangularisMarkisa
Persea americanaAlpokat
Prunus cerasusBuah ceri
Prunus domesticaBuah prem
Prunus persicaBuah persik
Psidium guajavaJambu biji
Punica granatumDelima
Pyurus communisBuah pir/eropa
Pyurus pyorofoliaBuah pir/jepang
Salacca edulisSalak
Sandoricum koetjapeKecapi
Spondias dulcisKedondong
Stelechocarpus buraholBurahol
Syzygium aquaeumJambu air
Syzygium malaccenseJambu bol
Syzygium samarangenseJambu dersono
Vitis labruscaAnggur/amerika
Vitis viniferaAnggur/eropa
Share: